Reaksi berlebihan, islokasi & kebingungan, Lanskap Investasi 2023 so với 2024, Serta Pemasukan Modal Tahunan $ 9 Miliar Dan Ekspektasi Keluar Yang Realistis Dengan Shiyan Koh Dan

"Jadi, Dinamika yang sama yang kita lihat di esia tenggara, anda memiliki sekumpulan nhà đầu tư lokal dari berbagai suku, perusahaan, pemerintah Mana-mana, Termasuk di Amerika Latin Dan Afrika Tahu Anda Bahwa Model Bisnis Baru Ini Tersedia, Pemain Unggulan Masuk, Pemain seri A Masuk, Pemain Seri B Masuk. Monetisasi Apa Pun Karena Nhà đầu tư Tahap Akhir Peduli Dengan Hal Itu. - Dmitry Levit

"Saya Sering Bertanya Kepada Para Pendiri, Apa Yang Akan Mereka Lakukan Jika Nhà đầu tư Tidak Ada? Apakah Bisnis Ini Benar-Benar Mustahil Tanpa Meluncurkan Sebuah Roket. Mencapainya? Sepadan? Dengan Waktu Anda Dan Ada Pasarnya, Anda Bisa Mencari Modal Untuk Melakukannya. " - Shiyan Koh

"Yang Membingungkan Adalah Tidak Adanya Kejelasan Mengenai Konsensus Tersebut. Tiongkok Sebagai Pusat Manufaktur Dunia? Pedagang Komoditas, Pembeli Ikan, Dan Penjual Kopi Tampaknya Semakin Dekat Dengan Hal itu, Tetapi Itu Juga Akan Berlalu. " - Dmitry Levit

Dmitry Levit , Đối tác chung Cento Ventures , Shiyan Koh , Đối tác quản lý Hustle Fund , Dan Jeremy AU Membahas Tiga Tema Utama:

1. Dmitry Menunjukkan Adanya "Pengaturan Ulang" Dalam Aktivitas Investasi, Dengan "Tumpukan Pendanaan Awal Yang ổn định" (Hạt Hingga seri a/b) Yang Memert Percabangan ini mencerminkan tren yang lebih luas dari lạc quan yang berhati-hati di antara nhà đầu tư tahap awal dan kalibrasi ulang ekspektasi di antara pemodal tahap akhir. Mereka juga menggarisbawahi pentingnya memahami dua ekosistem paralel ini bagi para pendiri dan nhà đầu tư, yang menunjukkan bahwa chiến lược

2. Ia Menyoroti bahwa ekspektasi keluar yang bijaksana di châu Á tenggara harus mempertimbangkan keluarnya $ 100 juta sebagai hal yang Lanjut Tentang Tingkat Pertumbuhan. Beliauu Menekankan Pentingnya Strategi Dana Yang Disiplin di Seluruh Ipo, Penjualan Perdagangan, Dan Sekunder.

3. REAKSI BERLEBIHAN, OBLOKASi & KEBINGUNGGAN: Mereka Membahas Kabut Perang Dalam Ekosistem Teknologi Di Kawasan Ini Yang Didorong Oleh Tekanan Ekonomi Toàn cầu, Hype Media Dan Siklus Malapetaka Peluang Yang Terlewatkan, Ketidakselaraan Strategi-Pasar, Dan Tekanan Pada Tim Pencipta Nilai Saat Ini Sedang Diselesaikan. Mereka Membahas Bagaimana para Pendiri Dan Nhà đầu tư Perlu Segera Menyelaraskan Strategi Pertumbuhan Dan Strategi Keluar Mereka Dengan Realitas Pasar Di Kawasan Ini. Mereka Juga Membahas Tentang Jeda Waktu Penyerapan Berita di Seluruh Ekosistem Việt Nam Dan Bagaima Pencarian Cerita "Indonesia" Berikutnya Sedang Berhenti Sejenak.

Dmitry, Shiyan Dan Jeremy Juga Berbicara Tentang Peran Persepsi so với Realitas Dalam Membentuk Strategi Investasi, Tantangan Untuk Narasi Ekspansi Multi-Negara, Dan Tema VC "Ekuitas Swasta Berkapitalis

Didukung Oleh Hdmall

Hdmall Adalah Pasar Layanan Kesehatan di Asia Tenggara Yang Manghubungkan Pasien Dengan Lebih Dari 1.800 Penyedia Layanan Kesehatan. Ini Mencakup Berbagai Kargeti Seperti Gigi, Estetika, Dan Operasi Elektif. Lebih Dari 300.000 Pasien Telah Mengakses Layanan Kesehatan Yang Lebih Terjangkau Melalui Hdmall. Dapatkan Pemeriksaan Kesehatan Yang Layak Anda Dapatkan. Jika Anda Berada di Thái Lan, Kunjungi Hdmall.co.th . Jika Anda Berada di Indonesia, Kunjungi Hdmall.id .

(01:33) Jeremy AU:

Pagi, Dmitry. Pagi, Shiyan.

(01:35) Dmitry Levit:

Selamat Pagi Semuana.

(01:36) Shiyan Koh:

Pagi! Việt Nam. Ayo Kita Lakukan.

(01:38) Jeremy AU:

Ya, Dmitry, Terima Kasih Telah Menelepon Dari Bangkok Dan Sangat Menyenangkan Mendengar Laporan Terbaru Anda. Anda Bercerita Tentang Tahun 2023, Paruh Pertama. Sekarang Kita Berada di Tahun 2024. Jadi, Dmitry, Bisakah Anda Berbagi Lebih Banyak Tentang Hal Ini Secara Lebih Mendalam? Anda Tahu, Anda Telah Menerbitkan Laporan Ini Selama Beberapa Tahun Sekarang. Saya Hanya Ingin Tahu Tentang Bagaimana Laporan Ini Muncul Dan Bagaimana Laporan Ini Berkembang Selama Bertahun-Tahun.

(02:09) Dmitry Levit:

Lều Saja. Sebenarnya Kami Telah Melakukan Ini Sejak 2010, Namun Memutuskan Untuk Berbagi Dunia Pada Tahun 2017. Kami Memulai Perusahaan Ini Lakukan? Pemetaan pasar pada awalnya dimaksudkan unduk Menjadi 30, 40 slide boong, tetapi kemudian menjadi tidak terkendali dan kami menjadi bersemangat tualnhing dữ liệu.

Selama Bertahun-Tahun, Ini Menjadi Hal Yang Memiliki Dua Tujuan Dan Perangkat Penyelaraan nội bộ. SEHINGGA SETIAP ic Tidak Menyelam Selama Tiga Jam Ke Dalam Apa Itu Perusahaan Teknologi, Apa Itu Perusahaan Yang Berdekatan Dengan Teknologi. Mari Kita Keluarkan Semua Definisi Itu. Dan Secara Eksternal, Ini Menjadi Perangkat Pembangun Kepercayaan. Saat Anda thành viên Saran Kepada Para Pendiri Tentang Lima, Tujuh Tahun Ke Depan Dalam Hidup Mereka, Tentang Bagaiman Cara Menggalang Dana, Proyeksi Modal Apa Yang Harus Dilakukan, Acara Likuidasi Apa Anda Harus Kredibel Saat Thành viênKan Saran Seperti Itu. Jadi Itulah Awal Mulanya. Dan Kemudian Selama Bertahun-Tahun Kami Mencoba Menambahkan Beberapa Hal Selama đang bùng nổ ICO, Beberapa Telur Paskah Dengan Video Artis Perwakilan ICO Dan Sebagainya, Hanya Untuk Jadi Itulah Yang Menjadi Latar Belakang Laporan Ini.

Yang Menarik Adalah, Ini Adalah Salah Satu Tahun di Mana Tidak Ada Yang Terjadi. Paruh Pertama Tahun 2023 Sebagian Besar Menarik Oleh Apa Yang Tidak Ada Dalam Dữ liệu. Semua Keributan di Amerika Serikat Akan Segera Berakhir. Semua Kegelapan Yang Muncul Dalam Liputan Media di Asia Tenggara, Menurut Saya, Mungkin Terjadi Sejak Akhir Tahun 2022, Tetapi Angka-Angka Aktual Di Tumpukan Data Utama Tenggara, Saya yakin setelah kami selesai dengan perhitungan, situasi paruh kedua tahun ini akan berubah, tetapi itu adalah laporan yang menarik unduk dibuat. Anda Bisa Merasakan Kekuatan Seismik Bergerak Di Bawah Permukaan, Namun Angka-Angka Yang Ada Terlihat Cukup Menggembirakan.

(03:39) Jeremy Au: Wow. Saya Penasaran Dengan Hal itu Karena Ada Kesenjangan Antara Apa Yang Anda Katakan Dan Bagaimana, Anda Tahu, Bagaima Suasana Hati di Tingkat Pendiri Dan Tingkat VC. Jadi Apa, Apa Yang Menjelaskan Kesenjangan Tersebut Dari Sudut Pandang Anda?

(03:51) Dmitry Levit:

Apakah Anda Berbicara Tentang Suasana Sekarang, Februari 2024, Atau Juni, Juli 2023?

(03:57) Jeremy AU:

Benar. Mari Kita Bicara Tentang Mungkin Busur Umum, Karena Saya Pikir Yang Besar Yang Anda Bagikan Pada Tahun 2023 H1 Dan Yang Anda Rilis, Anda Tahu Dekat. Apakah Anda Sudah Mencapai Titik Terendah?

(04:11) Dmitry Levit:

Oke. Kita Akan Kembali Ke Topik Kesenjangan Dan Persepsi Sebentar Lagi, Tetapi Untuk Hal Gelembung Ganda, Pertama-Tama Menyenangkan Untuk Diucapkan, Jadi Kami Memutuskan Untuk Saya rasa hal yang penting adalah unduk melihat melewati angka-angka di baris teratas, yang jelas merupakan slide pertama kami, tapi saya sangat Châu Á Tenggara. Kita semua di sini, semua orang yang berbasis di sini, atau yang sebagian besar berfokus pada châu Á tenggara seri a hingga c cộng với dan jagat pendanaan tahap akhir di mana para pengambil keputusan berada jauh Jadi, Dinamika Antara Dua Ekosistem Yang Hampir Sejajar Ini Sangatlah Kompleks. Dan apa yang kita lihat di paruh pertama tahun 2023, unduk mengurai komentar saya sebelumnya, adalah ekosistem pertama berpisah dengan lebih Kesepakatan, Dan Dua di Antaranya Terlihat Sangat Mirip Dengan Penguman Sesuatu Yang Sudah Matang Pada Tahun 2022.

Jadi Itu Membuat Kami Berpikir. Jadi, Lều Saja Kita Melihat Pengaturan Ulang, Tetapi Pengaturan Ulang Apa? Nah, Jika Kita Melihat Dua Ekosistem Yang Berbeda Yang Hidup Berdampingan, Maka Sebenarnya Ada Dua Pengaturan Ulang Yang Berbeda. Dan Sepertinya Core Stack Tidak Mengatur Ulang Terlalu Jauh Ke Belakang. Tahun 2019, Jika Dilihat Dari Tampilannya, Sementara Ekosistem Mega Deal, Angkanya Terlihat Seperti Tahun 2017, Mungkin Akan Kembali Ke, Anda Tahu, Laporan Yayasan Kauffman Itu Adalah giới thiệu Tahun 2010 Yang Sudah Sangat Tua. Jadi, Itulah Penyelaman Dalam Gelembung Ganda, Jika Anda Suka. Para Pendiri, Saya Rasa Kita Tidak Terlalu Memperhatikan Hal Ini Pada Paruh Pertama Tahun 2023, Jika Mereka Mengumpulkan Seri A Hingga C. Aktivitas Sebenarny Orang-Orang Yang Perlu Mengumpulkan Putaran Pertumbuhan Besar, Tentu Saja, Akan Memikirkan Hal Itu, Tetapi Mereka Sebagian Besar Dimuat Dari Tahun 2022.

Jadi Tidak Yakin Apa Perbedaunya Pada Paruh Pertama Tahun Ini, Tetapi Kemudian Pada Tahun Kedua, Oh, Lều Saja, Hal Yang Sama Sekali Berbeda. Tapi Itulah Sedikit Perjalanan Waktu Yang Kami Lakukan Sekarang.

(06:02) Jeremy AU:

Shiyan, Apa Pendapat Anda?

(06:03) Shiyan Koh:

Maksud Saya, Saya Setuju, Yaitu Selalu Ada Semacam Jeda. Seringkali terasa seperti antara apa yang terjadi di trong vai dan ketika hal itu benar-benar terasa di pasar lokal. Jadi Saya Rasa Banyak Pendiri di Wilayah Ini Yang Mengonsumsi Media Dari Pasar như. Jadi, ADA Semacam Kereta reaksi Yang Tertunda di Mana Seperti, Oke, Saya Membaca Semua Hal Yang Terjadi. Apakah hal itu sedang terjadi saat ini? Belum. Belum. Oh, Oke. Sekarang Sedang Terjadi. Jadi Saya Pikir Itu Mungkin Sedikit Perbedaan Antara Babak Pertama Dan Babak Kedua.

(06:31) Dmitry Levit:

Sebenarnya, Tahun 2022 Bahkan Lebih Menarik Dalam Hal Ini Karena Anda Akan Mengingat Lonjakan Suku Bunga. Hal itu Ramai dibicarakan di là pada akhir 2021. Pada Tahun 2022, đồng tư viên Kami di như Yang Berada di Tahap Akhir Mulai Menelepon Beberapa Pendiri Kami di Tahap Selanjutny Dan Oleh Karena Itu, Jual, Jual, Jual, Sementara Para Pendiri di Asia Tenggara Seperti Itu, ya? Dan pada tahun 2020, anda ingat bahwa tháng 9, Ok / 10 năm 2022 adalah beberapa acara besar pertama kami di wilayah ini setelah semua penguncian covid Pertemuan. Jadi, Tingkat Antusiasme di Asia Tenggara Pada Akhir Tahun 2022, Awal Tahun 2023 Sebenarnya Cukup Tinggi. Jadi itu adalah waktu yang sangat menarik unduk mengamati ketputusan toàn bộ antara apa yang dibicarakan dunia dan apa yang dibicarakan châu Á tenggara. Dan Kemudian Ekosistem Châu Á Tenggara Semuarya Terhubung Dengan Dunia Secara Berbeda. Saya Pikir Pesta di Việt Nam Berlangsung Hingga tháng 11 năm 2023.

(07:27) Jeremy AU:

Ồ, wow. Saya Selalu Menyukai Pesta Yang Berlangsung Lebih Lama. EH, Jadi Saya Kira, Saat Ini Hal Tersebut Sedikit Menimbulkan Pertanyaan, Yaitu Jika Anda Membaca Berita Teknologi di As Saat Ini, Rasanya Seperti Sudah Itu Adalah Salah Satu Cara Untuk Membacanya. Jadi, Jika Anda Menyiratkan Bahwa Ada Jeda Waktu, Apakah Anda Mengatakan Bahwa Kita Tidak Perlu Terlalu Suram Di Asia Tenggara Dan Bahwa Tunas-Tunas Baru Akan Mulai Mulai

(07:49) Dmitry Levit:

Sebenarnya, Jika Anda Mengasumsikan Adanya Jeda, Saya Rasa Hal Ini Sudah Cukup Terbukti, Maka Saya Kira Châu Á Tenggara Akan Menderita Setahun Lebih Lama Lagi. Namun Sebaliknya, Selalu Sulit Untuk Membuat Prediksi Tersebut Karena Asia Tenggara Bukanlah Satu Hal. Tetapi salah satu eksperimen pemikiran favora saya adalah mengingat bahwa châu Á tenggara, dalam banyak hal, tidaklah unik, melainkan salah satu dari sekian banyak wilayah berkembang di dunia yang berkem

Jadi, Selalu Menjadi Hal Yang Mendidik Untuk Melihat Apa Yang Dilakukan Oleh Para Tetangga, Dan Saya Tidak Berbicara Tentang Cina Dan Ấn Độ, Mereka Memiliki Dinamika Tersendiri. Saya di Timur Tengah, Saya di Afrika, Saya di Amerika Latin. Jadi kami melakukan sedikit eksperimen angka selama beberapa tahun di sana Setengah Tahun Tertentu, Dan Melihat Bagaimana Hal itu Berkembang Dari Waktu Ke Waktu.

Jadi Kesimpulannya Untuk Paruh Pertama Tahun Lalu Adalah Châu Á Tenggara Sudah Berada Di Bawah Garis Dasar Selama 12 Bulan. Satu-Satunya Wilayah Toàn cầu Lain Yang Kami Lacak Adalah Tiongkok Karena Alasan Yang Jelas, Yaitu Tiongkok. Semua Orang Lain Lagi-Lagi Berada di Atas Garis Dasar. Jadi, Jika Kita Mengasumsikan Konvergensi Masih Berlaku di Dunia Ini, Maka Menurut Saya Semua Orang Akan Jatuh, Tetapi Asia Tenggara Akan Sedikit Lebih Sedikit Jatuhnya, Dan Itulah lạc quan Saya Untuk Anda di Pagi Yang Cerah Ini.

(09:00) Shiyan Koh:

Wow, Ini Pasti Bulan Biru. Kami Punya Dmitry Yang Optimis.

(09:03) Dmitry Levit:

Pagi Hari di Bangkok, Dan Saya Baru Saja Minum Kopi, Ya, Selama Lima Detik.

(09:07) Jeremy AU:

Mari Kita Bicara Tentang Kata Konvergensi. Apa Tesis di Balik itu?

(09:10) Dmitry Levit:

Konvergensi Bagi Saya, Maksud Anda?

(09:11) Jeremy AU:

Ya.

(09:11) Dmitry Levit:

Sepertinya kita tidak sendirian di alam semesta ini. Jadi, Dinamika yang sama seperti yang kita lihat di châu Á Tahap Akhir. Ini adalah pengaturan yang sama di mana-mana, termasuk di amerika latin, termasuk di afrika. Jadi ada interaksi antara keduarya di mana-mana. Dan Sepertinya Jika Anda Benar-Benar Manghapus Ekosistem Toàn cầu Dan Meninggalkan Pemain Lokal, Perubahan Dari Tahun Ke Tahun Tidaklah Ekstrem. Ketika Ekosistem Thành viên Tahu Anda Bahwa Mô hình Bisnis Baru Ini Tersedia, Orang-Orang Unggulan Masuk, Orang-Orang Seri A Masuk, Orang-Orang Seri B Masuk. Disrupsi Muncul Ketika Hal Ini Berinteraksi Dengan Ekosistem Toàn cầu. Ketika Insentif Besar Muncul, Misalnya, Untuk Mendorong GMV Tanpa Monetisasi Apa Pun Nhà đầu tư Karena Tahap Akhir Peduli Dengan Hal Itu. Jadi, Ketika Anda Menghilangkan Gangguan Global ITU, Gangguan, Apa Pun Sebutannya, Maka Ekosistem Lokal Cukup ổn định. Jadi Tesis Saya Adalah Jika Nhà đầu tư toàn cầu Saat Ini Memiliki Banyak Hal Yang Harus Dilakukan Di Dalam Negeri, Seperti Menjelaskan Dpi Nol Dan Yang Lainnya, Maka Ekosistem Lokal Akan Kembali Jadi, Penting Unduk Memahami Apa Yang Dimaksud Dengan Kondisi bình thường ITU. Secara Metodologis Sangat Sulit, Karena Apa Yang Dimaksud Dengan Kondisi Jika Segala Sesuatu Berubah Setiap Tiga Tahun Secara Secara bình thường? Jadi Kami Mengambil Periode Empat Atau Lima Tahun Dan Membangun Garis Dasar Dari Situ, Dengan Harapan Itu Akan Memiliki Kekuatan Prediksi, Tetapi Hanya Untuk Bersenang-Senang.

(10:26) Jeremy AU:

Jadi, Apa Yang Bình thường, Dan Saya Ingin Sekali Mendengarnya.

(10:28) Dmitry Levit:

Bình thường.

(10:28) Jeremy AU:

Yang Pasti, Anda Memiliki Apa Yang Anda Pikir Bình thường Sekarang Sudah Kembali Bình thường.

(10:32) Dmitry Levit:

Saya akan membuka slide saya, karena saya tidak hafal, dan saya akan thành viên tahu anda bahwa menurut dmitry, Menurut dmitry dan beberapa angka yang Dolar 4,5 miliar như. Kami Berada di Angka 3,8 & 3,1 Dalam Dua Periode Setengah Tahun Terakhir. Jadi Itulah Yang Saya Maksud Dengan Berada di Bawah Garis Dasar. Sebagai Gambaran, Misalnya, Angka bình thường Untuk Kawasan Amerika Latin Adalah 1,5. Dan Saat Ini Mereka Berada di Angka 1,7, Jadi Sedikit di Atas Angka Bình thường. Jangan Mulai Dengan Timur Tengah. Ya, Itulah Yang Saya Maksud.

(11:04) Jeremy AU:

Bagaimana Denganmu, Shiyan? Menurut Anda, Apakah Yang Dimaksud Dengan bình thường ITU?

(11:06) Shiyan Koh:

Nah, Maksud Saya, Saya Rasa Ada, Anda Bisa Memikirkan Apa Saja Alirannya, Bukan? Jadi, Berapa Banyak Uang Yang Sebenarnya Harus Dikerahkan Oleh Dana Yang Difokuskan Pada Suatu Wilayah Dan Berapa Kecepatan Normalya Yang Mereka Sampaikan Kepada Orang-Orang, Bukan? Dan Apakah Ada Sesuatu Yang Mengganggu Hal Itu Dalam Periode Yang Anda Liehat? Jadi, saya pikir apa yang kita lihat dalam beberapa tahun terakhir adalah adanya perceatan penggalangan dana Hitam Dan Berkata, "Kami Melakukan Pekerjaan Dengan Baik. Lihatlah Markup Ini. Beri Kami Lebih Banyak Uang Dan Kemudian Ketika Tahap Saya perlu memperlambat dan membuat hal ini bertahan lebih lama sebelum saya kembali ke pasar karena saya tidak benar-benar memiliki đánh dấu unduk terompet lagi.

Jadi Saya Setuju Dengan Pendapat Dmitry Mengenai Dua Ekosistem Yang Berbeda Yang Saling Berinteraksi Satu Sama Lain. Maksud Saya, Saya pikir Ada Semacam Jumlah Uang Dalam Kondisi ổn định Yang Bersedia Dikerahkan Oleh Lembaga-Lembaga Ke Pasar Negara Berkembang Berdasarkan Alokasi Portofolio produktivitas dan, mungkin juga beberapa tambahan pemasaran, tergantung pada seberapa baik wilayah tersebut dalam memasarkan cerita tersebut. Jadi, Saya Pikir Kita Sudah Kembali Ke Kondisi Bình thường. Dan Seperti, Mangkuk Punch Telah Diambil Dalam Arti Tertentu. Jadi Orang-Orang Kembali Membicarakan, Oke, Seperti Apa Jalan Menuju Profitabilitas? Apa Yang Dimaksud Dengan Đơn vị Ekonomi? Semua Jenis Metrik Pembangunan Bisnis Yang Membosankan Yang Kita Kenal Dan Sukai. Jadi

(12:28) Dmitry Levit:

Bolehkah Saya MemperKenalkan Kerumitan Tambahan Pada Hal Ini? Dungan

(12:30) Shiyan Koh:

Silakan Lakukan.

(12:31) Dmitry Levit:

Karena Ada Daya Tembak Dan Ada Insentif Untuk Dikerahkan, Dan Itu Adalah Dua Hal Yang Sedikit Berbeda. Yang Pertama, Berapa Banyak Modal Yang Harus Dikerahkan? Ini Dibangun Selama Bertahun-Tahun. Jadi reaksi cepat lp terhadap dpi yang rendah adalah dalam 12 Bulan terakhir. Bahkan Belum Mulai Bermain Dalam Jumlah Bubuk Kering Yang Tersedia Berdasarkan Semua Yang Saya Baca Dari Prigpin. Jadi, Katakanlah Kita Belum Kehabisan Modal Dan Ekosistem Memang Memiliki Cukup Banyak Core Stack Lokal Untuk Menyebarkan 2,3, 2,5 Miliar Setiap Setengah Tahun. Dan Itulah Yang Telah Dilakukannya, Membangun Dengan Mantap Selama Bertahun-Tahun Se Breathga Parameternya Tidak Terlalu Banyak Berubah. Namun, Ada Saat-Saat di Mana reaksi Berlebihan Muncul Ketika Secara Emosional, OH, Apa Yang Akan Saya Lakukan Dengan Dana Saya Selanjutnya? Semua Modal Yang Tersedia Berhenti Masuk. Titik Itu Tidak Datang Pada Paruh Pertama Tahun 2023, Tetapi Melalui Perasaan Dan Getarannya. Hal itu Tampaknya Akan Terjadi Pada Bulan tháng 9, Ok / 10, tháng 11, Tergantung Pada Berbagai Negara Dan Segmen Serta Tahapan Investasi. Tetapi Saya Akan Mengatakan Bahwa Jika Anda Mengatakan Manghilangkan Emosi Dan Mengalihkan Pola Pikir Manajer Kembali Ke Tempat Mereka Beberapa Kuartal Yang Lalu Masih Ada di Sana. Atau Begitulah Yang Dikatakan Orang-Orang Prigpin Kepada Saya.

(13:36) Jeremy AU:

Dan, Anda Tahu, Jika Yang Anda Katakan Adalah Biaya Yang Menurut Anda ổn định. Jadi, Itu Berarti Bahwa Para Pendiri Baru Yang Ingin Mendirikan Dan Perusahaan Tahap Awal Yang Ingin Mengumpulkan Dana, Akan Dapat Menemukan Modal Jika Mereka Adalah Perusahaan Yang Berkualitas. Namun Jika Yang Anda Katakan Adalah Tahap Terakhir Benar-Benar Seperti Mengalami Penurunan Tập Pendanaan, Apa Artinya Hal Tersebut Bagi Jalan Keluar Yang Menurut Anda Harus Diupayakan Ole Karena Anda Juga Menyebutkan Dalam Presentasi Bahwa Jendela Likuiditas Sudah Tertutup. Dan Juga Tahap Akhir Juga Memiliki Lebih Banyak Puncak Dan Lembah, Tetapi Juga, Anda Dapat Mengatakan Tidak Konsisten Atau Tidak Dapat Dari Dari Pindtif Pendiri. Jadi Bagaimana Pendapat Anda Tentang Hal itu?

(14:13) Dmitry Levit:

Ôi, Bolehkah Saya Mengganggu Dan Menguraikan Pertanyaan Anda Menjadi Tiga Pertanyaan Berbeda?

(14:16) Jeremy AU:

Lều Saja, Silakan.

(14:17) Dmitry Levit:

Ada, Ada Banyak Yang Tinggal Di Sana Bersama-sama. Ada Pertanyaan Apakah Pendiri Pada Tahap Awal Yang Masuk Ke Pasar Saat Ini Merasa Senang Dengan Peluang Mereka? Menurut Saya Sama Sekali Tidak, Nhà đầu tư Karena Psikologi Masih Berlaku. Dan Meskipun Mereka Memiliki Dana, Mereka Mungkin Hanya Akan Menunggu Beberapa Hari, Minggu, Atau Berapa Lama Pun Waktu Yang Mereka Butuhkan Untuk Pulih. Akan Tetapi, Haruskah Mereka Merasa Khawatir Tentang Peluang Mereka Untuk Mendanai Perusahaan Mereka Selama Lima Tahun Ke Depan? Tidak Sama Sekali. Tumpukan Inti Ada di Sana. Insentif adalah apa adanya. Ekonomi Adalah Apa Adanya. Châu Á Tenggara Tidak Akan Lagi Ditesgalkan Oleh VC Sebagai Kelas Aset Dan Mengalami Defunding. Jadi, Itu Adalah Dua Jawaban Yang Sangat Samar Untuk Pertanyaan Pertama. Pertanyaan Ketiga Tentang Jalan Keluarnya, Yaitu Lubang Kelinci Yang Cukup Besar. Banyak Kelinci di Dalamnya. Jadi Saya Tidak Mangharapkan Adanya Perubahan Besar Pada Dinamika Cơ bản Châu Á Tenggara - IPO Tidak Berhasil, Penjualan Perdagangan Berhasil, Dan Pasar Sekunder Berjalan Dengan Sangat Baik

Jadi Dalam Segitiga Yang Indah Ini, Saya Pikir Semua Perencanaan Untuk Jalan Keluar Harus Dilakukan Untuk Masa Mendatang. Izinkan Saya Menguraikannya Sedikit. Bahwa Ipo Tidak Berhasil, Saya Rasa Kita Sudah Mengonfirmasikannya di Chop, Dengan Beberapa Pengecualian Yang Terlihat di Singapura Dan Malaysia, Terutama di Indonesia. Hal Ini Mungkin Saja Berubah, Namun Harapan Selalu Ada. Saya Melihat Anda, Bursa Efek Bangkok, Tetapi Akan Memakan Waktu Bertahun-Tahun. Jalan Keluar Perdagangan, Seperti Biasa, Pasar Tidak Mudah Dibersihkan. Para Pendiri Sedikit Melebih-Lebihkan Harga Perusahaan Mereka. VC Mereka Sangat Manghargai Perusahaan Mereka. Para Ahli Strategi, Terlepas Dari Penampilannya, Tidak Mau Berpisah Dengan Ratusan Juta Dolar di Neraca Keuangan Mereka. Jadi, Ini Adalah Pertarungan, Ini Adalah Perjuangan, Ini Adalah Tarian Selama Bertahun-Tahun Sebelum Jalan Keluar Perdagangan Yang Bagus Terjadi.

(15:48) Dmitry Levit:

Jika anda melihat grafik dalam laporan tersebut yang menunjukkan sumber likuiditas selama 10 tahun terakhir, anda akan melihat tahun Ketika Penjualan Perdagangan Menjadi Sumber Utama Likuiditas. Dan Kemudian Anda Akan Melihat Dua, Tiga Tahun Yang Istimewa, Ketika Pasar Sekunder Menjadi Sumber Utama Likuiditas. Dan Tahun-Tahun Itu Juga Merupakan Tahun-Tahun Yang Penting Bagi Beberapa Pemain Besar Dalam Ekosistem Kita, Bukan? Bản ghi nhớ Otot Telah Dibangun. Itulah Pedoman Untuk Châu Á Tenggara. Pacu Perusahaan Dan Jual Saham Sekunder Sebelum Orang-Orang Benar-Benar Menyadari Apa Yang Baru Saja Anda Pacu, Tetapi Di Samping Itu, Seluruh Rangkaian Dinamika Yang Telah Tahun Lalu. Kita Masih Akan Melihat Banyak Penjualan Perdagangan Yang Diperoleh Dengan Susah Payah. Kita Masih Akan Melihat Peningkatan Ipo Yang Lambat Dan Apa Yang Tidak Akan Kita Lihat Dalam Beberapa Tahun Ke Depan Adalah Lonjakan Saham-Saham Sekunder. Jadi, Orang-Orang Yang Membentuk Người mẫu đầu tư Dan Konstruksi Portofolio Mereka Berdasarkan Hal Tersebut Akan Mengalami Kebangkitan Yang Kasar. Dan Oleh Karena Itu, Mungkin Ada Jawaban Untuk Pertanyaan Awal Anda di Suatu Tempat, Tetapi Saya Kehilangan Arah Pemikiran Saya.

(16:44) Jeremy AU:

Maksud Saya, Sebelumnya, Saya Suka Bagian Tentang Lubang Kelinci Di Pohon Kelinci, Bukan? Jadi Kita Berbicara Tentang IPO, Penjualan Perdagangan Dan Sekunder Untuk Likuiditas. Shiyan, Apa Pendapat Anda Tentang Kelinci Pohon Dan Persembunyian Di Lubang Kelinci Ini?

(16:57) Shiyan Koh:

Maksud Saya, cơ bản, Bukan? IPO Dan, Maksud Saya, Penjualan Perdagangan Adalah cơ bản. IPO Adalah Fungsi Dari Kedalaman Pasar Modal, Yang Masih Dalam Tahap Pengembangan Untuk Bursa Saham Lokal, Dan Pasar Sekunder Lebih Seperti động lực, Bukan? Permintaan Untuk itu Bersifat Siklus Dan Kita Berada di Bagian Bawah Dari Siklus Tersebut. Jadi Saya Pikir Hal itu Akan Hilang. Namun Saya Pikir Jika Anda Membangun Sebuah Perusahaan Yang Hebat, Dan Anda Memiliki Kesempatan Untuk Melantai Di Nasdaq, Mengapa Anda Lebih Memilih Untuk Melantai Secara Tapi Apa Yang Diperlukan Untuk Benar-Benar Terdaftar Di Nasdaq? Anda Sebenarnya Harus Membangun Perusahaan Yang Cukup Besar Untuk Melakukan Itu. Dan Tidak Banyak Modal Yang Tersedia di Pasar Untuk Membuat Anda Bisa Mendorong Pertumbuhan Saat Ini. Jadi, Anda Harus Bekerja Keras, Bukan? Dan Itu Akan Memakan Waktu Cukup Lama.

Jadi, Saya Rasa Saya Akan Setuju, Dengan Ipo Dmitry Yang Hanya Sedikit Dan Jalur Yang Lebih Mungkin Diharapkan Untuk Seseorang Adalah Penjualan Perdagan, Tetapi Anda Masih Perlu Jadi Kembali Ke cơ bản, Bukan? Kembali ke cơ bản.

(17:53) Dmitry Levit:

Dan tiba-tiba saya teringat ada pertanyaan lain yang diajukan jeremy yang tidak saya bahas, yang juga tercakup dalam laporan tersebut, yaitu, berapa sebenarnya ukuran bình thường Apa Yang Dikatakan Oleh Angka-angka Tersebut? Angka-angka Tersebut Menunjukkan Bahwa Hasil Dari Desil Teratas Adalah Setengah Milyar, Kurang Lebih. Jadi, Jika Itu Adalah Hasil Terbaik, Dan Ya, Ada Pencilan Menuju Satu Miliar, Dan Sekali Lagi, Kita Berbicara Tentang Nilai Riil Dan Bukan Nilai Imajiner Yang Diperdagangkan. Jika itu adalah skala tối ưu pemenang di esia tenggara hingga saat ini, maka tidak ada gunanya menggunakan bursa lokal karena tidak ada likuiditas yang cukup. Tidak ada gunanya masuk ke bursa toàn cầu karena tidak ada yang akan memperhatikan anda. Analis Investasi Tidak Akan Mau Repot-Repot Meliput Saham Tersebut. Jadi, Jual Beli Saham Dengan Cara Apa chơi chữ?

(18:33) Shiyan Koh:

Anda Menghancurkan, Anda Manghancurkan Hati ADB, Dmitry.

(18:36) Dmitry Levit:

Saya rasa adb tidak perlu mendengarkan saya.

(18:38) Jeremy AU:

Baiklah, Kami Mulai Berbicara Tentang Apa Implikasinya Bagi Strategi Pendanaan VC. Jadi Kami Memulai Beberapa Bagiannya, Yaitu cơ bản, Disiplin Yang Menyiratkan Perhatian Terhadap Penilaian, Hak Kontrol, Menjadi Sangat Selektif, Itu Salah Satunya. Strategi lain Yang Telah Ada Di Luar Sana Adalah Strategi Indeks, Lebih Pada Basic Portofolio. Dan Kemudian Yang Lain Seperti Yang Disebutkan Mungkin Lebih, Saya Pikir Digambarkan Sebagai Lebih Banyak Momentum. Jadi Jelas Ingin Membangun Momentum, Mencairkan Dana Pada Saham Sekunder. Itu Adalah Pendekatan Lain Yang Sudah Ada. Dan Lềuu Saja, Ada Pembicaraan Antara Dana Kecil, Yang Memungkinkan Untuk Pre Seed Dan Seed. Anda tahu, itu adalah dana dana yang lebih kecil yang menargetkan, dan memiliki lebih banyak ruang Untuk dijalankan dibingkan dengan jenis seperti, seri a, seri b yang lebih banyak, Dan Dan Mungkin Menargetkan Jalan Keluar Publik. Jadi, Mari Kita Bicarakan Tentang Apa Yang Kami Pikirkan Tentang Serangkaian Strategi Yang Berhasil Berdasarkan Apa Yang Anda Katakan, Dmitry.

Anda Mengelola Sebuah Dana Bernama Cento VC. Jadi, Anda Memiliki Sudut Pandut Tentang Arti Dữ liệu Ini Dan Bagaimana Anda Menyesuakan Strategi Anda, Bukan? Jadi Mungkin Kita Bisa Membicarakannya Juga.

(19:34) Dmitry Levit:

Kembali Ke Komentar Tentang Adb Dan Saya Yang Membuat Mereka Patah Hati. Apa Yang Harus Kita Tekankan, Dan Sebelum Kita Mulai Menggunakan Wawasan Dari Laporan Kami, Adalah Metodologi Yang Mendasari Pada Dasarnya Mengatakan Hal Berikut. Saya, Penulis Laporan Ini, Peduli Dengan Perusahaan-Perusahaan Yang Dibangun Berdasarkan Pendapatan Yang Berasal Dari Asia Tenggara. Ada Banyak Perusahaan-Perusahaan Hebat di Seluruh Asia Tenggara Yang Berada di Asia Tenggara Dan Melayani Dunia. Ada Juga Perusahaan-Perusahaan Bagus Yang Berada di Tempat Lain, Melayani Dunia, Dan Kebetulan Didirikan di Singapura. Jika kita menghilangkan gembar-gembor dan pr serta alur cerita lentang perusahaan bioteknologi boston yang entah bagaima manjadi juaara di esia tenggara, jika andanghilangkan semua itu, anda akan mendan. Jadi, Laporan Tersebut Mengabaikan Beberapa Percikan Menarik, Beberapa Pemotretan Menarik Tentang Asia Tenggara Yang Sedang Membangun Sesuatu Yang Cocok Untuk Seluruh Dunia. ITU ghi nhớ Delengaja. Pasti Ada Banyak Strategi di Sana. Saya hanya belum melihat ke dalamnya pada tingkat kedalaman apa chơi chữ.

Dari Apa Yang Kami Lihat Dalam Hal Pendapatan Dan Daya Tarik Yang Berasal Dari Asia Tenggara, Tampaknya Akan Lebih Bijaksana Untukngharapkan Pendapatan Sebesar $ 100 Juta Den $ 250 Juta Untuk Hasil Yang Sangat Baik Dan Luar Biasa, Dan Setengah Miliar Lebih Dalam Skenario Setiap Setengah Dekade. Kemudian, Kita Harus Berharap Dan Mangharapkan Segala Sesuatunya Membaik Setiap Tahun. Jika Anda Melihat Grafik Hasil Likuiditas, Anda Akan Melihat Bahwa Hal-Hal Yang Naik 25% Setiap Tahun Adalah Beberapa Gangguan Untuk Pandemi Krisis, Apa Pun Yang Anda Miliki.

Jadi, Mungkin Ada Baiknya Anda Menggeser Ekspektasi Ini Sedikit Lebih Tinggi Seires Berjalannya Waktu, Karena Dana Yang Dimulai Hari Ini, Akan Menuai Hasilnya 7 Hingga 10 Tahun Dari. Dan Kemudian Anda Menyusun Kembali Tumpukan Valuasi Anda Dari Ekspektasi 3X Lipat Menjadi 2,5 Kali Lipat, Atau Paling Banyak 2,5 Kali Lipat, Setara Di Antara Dua Tahap Bí mật Sebagai Lintasan Modal (quỹ đạo vốn). Hal itu harus diupayakan dan kemudian Menyesuaikan beberapa hal di sana-sini, tergantung pada kecepatan ekosistem atau kualitas pendiri atau keadaan pasar yang tidak wajar Jadi Itulah Inti Dari Bagaimana Kami Mengembangkan Strategi Kami. Dan Kemudian Anda Bisa Mengghiasinya Dengan Segala Macam Hal Yang Terkonsentrasi so với Menyebar. Berfokus pada pedoman yang spesifik so với Generalis. Negara Yang Spesifik so với khu vực, Saya Rasa Tidak Ada Yang Bisa Mengalahkan Laporan Dari Asia Partners. Mereka Memetakan Seluruh Papan Catur.

(21:40) Jeremy AU:

Ôi, lều Saja. Mereka Pasti Memiliki Laporan Yang Bagus. Shiyan, Apa Pendapat Anda? Karena Anda Juga Memiliki Strategi Pendanaan, Dan Anda Juga Melihat Beberapa Geografi Juga, Anda Tahu, Dengan Mitra Anda Yang Lain. Jadi Bagaima Pendapat Anda Tentang Châu Á Tenggara Dalam Hal Strategi?

(21:53) Shiyan Koh:

Ya, maksud saya, saya pikir Untuk perusahaan-perusahaan seperti yang didefinisikan oleh dmitry yang memperoleh sebagian Ekuitas Swasta, Dan Anda Harus Menanggungnya. Dan Ada Banyak Pekerjaan Yang Harus Dilakukan Di Asia Tenggara, Banyak Infrastruktur Yang Harus Dibangun. Ada Banyak Hal Yang Tidak tối ưu, Bukan? Anda Seperti, Kenapa Saya Tidak Bisa Melakukan Ini Dan Mengisi Negara Yang Kosong? Harus Ada Yang Melakukan Ini, Kan? Jadi Menurut Saya, Peluang-Peluang Itu Masih Ada. Saya rasa anda hanya perlu melihat dengan jernih lentang apa sebenarnya tam mereka. Dan Mungkin Sesekali, Anda Akan Mendapatkan Seseorang Yang Akan Datang Dan Berkata, Hei, Saya Bisa Membangun Hal Yang Bersifat Multi Negara, Namun Sebenarnya Sangat Sulit.

Đa Negara Adalah Masalah Yang Sulit. Dan Saya Pikir Orang-Orang Suka Berpikir, Oh, Kami Hanya Akan Mengambil Hal Ini Dan Menyalin Dan Menempelkannya di Semua Tempat Dan Seperti, Tada, Sekarang Pasar Kami Seperti 600 Juta Orang. Dan Saya Rasa Seperti Yang Kita Semua Tahu, Hal Ini Tidak Semudah Itu. Dan Kemudian, Anda Kembali Lagi Ke, Oke, Di Pasar Inti Yang Saya Luncurkan, Seberapa Besar Sebenarnya Peluangnya? Dan Bagaimana Saya Bisa Menneksekusi Hal Tersebut Secara Efisien? Karena, Saya Tidak Bisa Menjual Cerita Tentang Tam Yang Lebih Besar Ini. Saya Rasa Akan Ada Beberapa Persentase Perusahaan Yang Akan Menyasar Pasar Toàn cầu Di Luar Asia Tenggara, Tapi Saya Rasa Itu Akan Menjadi Minoritas. Sekali Lagi, Karena Itu Adalah Masalah Yang Sulit. Dan Harus Ada Alasan Mengapa Anda Harus Ada Di Sini Dibandingkan Dengan Di Ấn Độ Atau di Lembah, Di Mana Anda Mungkin Memiliki Konsentrasi Talenta Yang Lebih Tinggi Atau Semacam Rumah Inti Yang Lebih Tetapi Saya Pikir Hal-Hal Tersebut Dapat Dibangun Dan Kami Akan Memiliki Beberapa di Antaranya. Jadi Saya Pikir Dalam Hal Strategi Kami, Kami Bersikap Sesuai Dengan Prinsip-Prinsip Ini, Yaitu Jangan Terlalu Bersemangat Tentang Berbagai Hal. Terima apa yang dikatakan oleh para pendiri dengan bijaksana. Dan Saya Rasa Kami Memiliki Keuntungan Dengan Melihat Người mẫu Bisnis Yang Sama di Berbagai Pasar. Jadi Kita Bisa Mengatakan Seperti, Oh Ya, Saya Pernah Melihat Versi Perusahaan Ini Di Brasil Atau Argentina Atau Nigeria. Dan Saya Tahu Beberapa Jebakannya, Namun Saya Juga Mengenali Beberapa Peluang Atau Dinamika Yang Anda Manfaatkan. Dan, Anda Tahu, Saya Pikir Ini Masuk Akal, Tetapi Tidak, Saya Tidak Akan Membayar 20 Pos Pada Perusahaan Yang Sudah Memiliki Pendapatan Di Sini, Jadi Saya Pikir Seperti Itulah

(23:47) Jeremy AU:

Yah, Saya Selalu Menyukai Slide Itu Di Dek Powerpoint, Bukan? Di Mana Putaran Berikutnya Akan Menambahkan Banyak Bendera Di Seluruh Asia Tenggara. Ini Adalah Ekspansi Pasar. Dan Saya Suka Frasa Yang Anda Katakan Tentang Ekuitas Swasta Berkapitalisasi Kecil Karena Saya Rasa itu adalah Sesuatu Yang Sering Saya Terlihat lebih menggunakan teknologi. Mereka Mungkin Menargetkan Sesuatu Yang Sedikit Lebih Lokal. Apa Pendapat Anda Mengenai Pembingkaian Ekuitas Swasta Berkapitalisasi Kecil, Dmitry?

(24:12) Dmitry Levit:

Vòng bạn Sebutkan, Yang Tiba-Tiba Kita Berbicara Tentang Teknologi Yang Berdekatan Atau Teknologi Yang Diaktifkan. Tidak, tidak selalu berarti bahwa anda mungkin masih perlu menyelesaikan beberapa masalah dan katakanlah sistem keuangan dan katakanlah thailand Hadapi bắt đầu rumit dan mapan serta mengakar dengan banyak pemangku kepentingan, ini dan itu. Jadi, Ekuitas Swasta Berkapitalisasi Kecil Tampaknya Memiliki Konotasi Bahwa Mereka Sebenarnya Bukan Perusahaan Teknologi. Mereka Adalah Pedagang Neraca Dengan IoT Atau, Saya Tidak Tahu, Kedai Kopi Dengan Aplikasi. Tidak Demikian. Itu Adalah Konotasi Yang Salah, Tapi Sebaliknya Saya Senang Dengan đóng khung Tersebut. Lều Saja. Itu Jujur Dan Langsung Saja, Kapitalisasi Kecil, Ekuitas Swasta Tanpa đòn bẩy. Bagaimana Dengan Itu?

(24:59) Jeremy AU:

Ooh. Apa yang terjadi,

(25:00) Shiyan Koh:

Ya, ya, ya. Ya, Anda Tidak Bisa Menaruh Utang Pada Bisnis-Bisni Ini, Bukan? Itu adalah alat yang bình thường ketika kita mengatakan ekuitas swasta, bukan? Kami Memiliki Beberapa Bisni Arus Kas. Kami Mengisinya, Memutar Roda. Jadi Ya, Saya Setuju Dengan Klarifikasi Yang Ditawarkan Dmitry.

(25:14) Dmitry Levit:

Bagaimaanapun, Ini Terdengar Lebih Baik Daripada Opsi đặt Yang Jauh Dari Uang. Jadi,

(25:17) Jeremy AU:

Jadi, Satu Hal Menarik Yang Juga Anda Sebutkan Adalah, Anda Mulai Berbicara Tentang Geografi Yang Berbeda. Jadi Anda Berbicara Tentang Singapura Dan Kemudian Anda Berbicara Tentang, Misalnya, Bangkok Dan Việt Nam, Pesta Itu Berlangsung Cukup Lama. Namun Dalam Laporan Tersebut, Anda Juga Berbicara Tentang Pencarian Indonesia Berikutnya Sudah Berakhir. Jadi, Apa Yang Dimaksud Dengan Indonesia Berikutnya, Saya Kira, Pada Satu Sisi? Dan Lều Saja, Bagaimaana Kita Melihat Seluruh Wilayah Juga, Dalam Hal Việt Nam, Filipina, Malaysia Juga.

(25:40) Dmitry Levit:

Laporan Tersebut Tidak Berani Mengatakan Bahwa Pencarian Indonesia Berikutnya Sudah Berakhir. Saya pikir kami mengatakannya dalam masa jeda karena seluruh kegiatan ini mengalami kebingungan sementara. Yang Saya Maksud Adalah Pencarianya, Bukan Indonesia. Mungkin ada baiknya kita membongkar terlebih dahulu mengapa kita peduli unduk mencari tahu narasi mana yang benar daripada persepsi, Tetapi persepsi bisa menjadi nyata, seperti jika Ả Rập Ả Rập thành viên thành viên Cukup uat kepada nhà đầu tư Jepang yang bersemangat, beberapa tahun kemudian Jepang, Dan Tidak Ada Yang Menginginkannya Di Sana. Namun, Itulah Persepsi Tentang Masa Depan Yang Menjadi Kenyataan. Jadi, Penting Untuk Melacaknya. Dan Baik Atau Buruknya, Narasi Di Châu Á Tenggara Selama Beberapa Tahun Terakhir, Mungkin Sebelum Dan Selama Covid, Adalah Indonesia, Indonesia, Indonesia. Apakah itu sudah dimainkan? Oke. 40, 60, 80 Juta Sebelum Seri B, Mungkin Sedikit Terlalu Banyak. 120, Mungkin Terlalu Banyak. Oke. Mungkin Indonesia Sudah Dimainkan. Saya Tidak Mengatakan Itu Kebenaran. Saya Tidak Mengatakan Bahwa itu Adalah Pandangan Thị trưởng. Ini Adalah Sebuah Narasi. Dan Itu Kemudian Mulai Merembes Ke, Oke, Jadi Apa Selanjutnya Indonesia Tanpa Harus Memertanyakan Apakah Harus Ada.

Dan Ada Teoi Tentang Việt Nam Yang Memiliki Populasi Muda Yang Merupakan Penguasa Teknokratis Dan Kemampuan Untuk Menjadi Pusat Manufaktur Dunia, Satu Narasi Yang Muncul Setiap 10 Tahun Sekali. Dan Ada Narasi lain Tentang Populasi Muda Filipina, Struktur Ekonomi Yang Serupa, Người mẫu Bisnis Yang Serupa, Berlaku, Kota Besar Di Tengah, Banyak Jaringan Ritel Yang Belum Berkembang. Mari Kita Tiru Apa Yang Berhasil Trích dẫn Unquote di Indonesia. Dan Ini Adalah Permainan Pesta Favorit Dari Ekosistem Ini, Membuat Narasi-Narasi Tersebut Dan Kemudian Manghancurkannya Dan Mengumpulkannya, Membangun Narasi Baru. Menurut Saya, Mereka Memiliki Pengguna Karena Mereka Membangun Kekompakan di Antara Para Nhà đầu tư, Bukan? Jika Ada Narasi Yang Jelas Tentang Apa Itu Malaysia, Katakanlah Sebuah Negara Layang Yang Tidak Dikunjungi Oleh Nhà đầu tư Toàn cầu, Maka Itu Adalah Negara Yang Langka Modal. Dan Jika Ada Narasi Tentang Việt Nam, Yang Baru Saja Saya Ceritakan, Maka Ekosistem Akan Mengatur Dirinya Sendiri, Bukan? Para Pemburu Unicorn di Tohono Dan Saigon, Sementara Orang-Orang Di Kl Berinvestasi Dengan Valuasi Yang Masuk Akal Dan Saling Mengutip Warren Buffett. Jadi Ada Dua Pertemuan Pikiran Dan Ekosistem Bekerja.

(27:44) Dmitry Levit:

Ketika Narasi Mulai Rusak, Ketika Orang Mulai Bertanya Seperti Mengapa Malaysia Dan Việt Nam Memiliki Persepsi Yang Berbeda, PDB Mereka Identik Dan Tingkat Pertumbuhan Mereka Tidak Jauh Berbeda. Dan Salah Satunya Memiliki Populasi Yang Lebih Rendah. Lều Saja, Tapi Bukankah Itu Berarti Setiap Konsumen Memiliki Lebih Banyak Uang? Ketika Orang Mulai Mengajukan Pertanyaan Berbahaya Seperti Itu, Kohesi Dalam Ekosistem Akan Runtuh Dan Sindikat Nhà đầu tư Bersama Yang Biasa Bekerja Sama Akan Berantakan. Dan Sekarang Jauh Lebih Sulit Untuk Membangun Konsorsium Dan Benar-Benar Menemukan Burung-Burung Yang Cocok Di Berbagai Bagian Wilayah. Jadi Itulah Mengapa Hal Ini Penting. Namun, Bagaimana Dengan Indonesia Selanjutnya? Entahlah. Saya hanya tahu satu kebenaran, yaitu filipina adalah cina berikutnya karena ini adalah sifat transitif. Anda Bisa Melihat Filipina Adalah Indonesia Berikutnya. Indonesia Adalah Ấn Độ Berikutnya. Dan Ấn Độ Adalah Cina Berikutnya. Jadi Jelas, Seseorang Harus Membuat Laporan Tentang Hal Itu.

(28:27) Jeremy AU:

Oh boy. Saya Suka Dengan proderi Transitif di Sana. Yang Menarik Adalah Bahwa Sebelumnya Kita Telah Membahas Bahwa Anda Berpikir Bahwa Tema Utama Dari Sudut Pandang Anda Adalah reaksi Berlebihan, Disokasi, Dan Kebingung. Dapatkah Anda Berbagi Sedikit Lebih Banyak Tentang Bagaimana Anda Berpikir Tentang Ketiga Tema Tersebut?

(28:44) Dmitry Levit:

Itu adalah perkiraan saya, karena saya belum manghitung angka-angka unduk paruh kedua tahun lalu. Dan Saya Tidak Begitu Memahami Apa Yang Terjadi Pada Kenyatauna, Jadi Saya Membuat Rangkuman Kualitatif. Sedikit Kebingungan Adalah Yang Baru Saja Kita Bicarakan. Tidak Ada Kejelasan Tentang Apa itu Konsensus. Apakah Konsensus Kita Adalah Bahwa Singapura Adalah Pusat Teknologi Yang Thành viênKan Teknologi Mutakhir Yang Luar Biasa Kepada Dunia? Apakah Narasi Kita Bahwa Việt Nam Akan Mengambil Alih Tiongkok Sebagai Pusat Manufaktur Dunia? Apakah Narasi Kita Bahwa Indonesia Adalah Pasar Konsumen Yang Besar? Tidak Jelas. Semuanya Dipertanyakan. Jadi itulah yang saya maksud dengan kebingungan, bahwa tidak akan ada 80% konsentrasi modal dalam satu tema yang disetujui semua orang. Meskipun Para Pedagang Komoditas, Pembeli Ikan, Dan Penjual Kopi Tampaknya Semakin Dekat Dengan Hal Itu, Tetapi Itu Juga Akan Berlalu.

Satu lagi reaksi berlebihan yang lebih merupakan reaksi vc di dalam bisbol, seperti yang telah kalian lihat, sebenarnya Chế độ Dalam Ekspansi, Apakah Mereka Akan Datang. Dan Melakukan Banyak Percakapan Yang Sangat Menarik Dengan Orang-Orang Yang Melakukan Pertumbuhan Portofolio Atau Nilai Portofolio Di Bagian Layanan Portofolio Atau Operasi Portofolio, Apa Pun Sebutannya. Mereka Kebanyakan Berada di Beberapa Perusahaan Besar, Terutama Menjadi Bagian Dari Semacam Anak Tiri Berambut Merah, Bukan Pembuat Kesepakatan, Tidak, Tidak Ada Kemuliaan Dalam Menutup Kesepakatan. Hanya Saja, Anda Tahu, Menjaga Tabel Tutup Buku Dengan Benar Dan Menyimpan Dokumen Di Tempat Yang Seharusnya Dan Melakukan Pengembangan Bisni. Dan Tiba-Tiba Orang-Orang Ini Menjadi Pusat Perhatian Dan Bertanya, Di Mana Dpi-Nya? Bukankah Anda Orang Yang Seharusnya Menjual Segalanya? Pergilah Ke Indonesia Dan Jual Barang-Barang Sekunder Ke Kantor-Kantor Keluarga Lokal Yang Kecil. Atau Yang Lainnya. Itu Terlalu Berlebihan, Bukan? Itulah yang shiyan bicarakan dalam beberapa tập yang lalu ketika shiyan, anda mengatakan sesuatu seperti dulu ada terlalu Diberikan Kepada Mereka Sama Sekali. Jadi Hal Yang Sama Tampaknya Terjadi di Beberapa Perusahaan Modal Ventura. Dulu Tidak Ada Pertanyaan LEADING LEAPI, SEKARANG Lối ra Harus Terjadi Kemarin. Atau Bos Tidak Bisa Menceritakan Kisah Yang Bagus Ketika Mereka Pergi Ke Konferensi Di Washington DC. Jadi Itu Adalah reaksi Yang Berlebihan. Jadi Itu Berarti Sumber Daya Sedang Direalokasi, Orang-Orang Kelelahan Dan Pergi Secara Tiba-Tiba UNTUK MENGIMBANGI KEGEMBIRAAN SEBELUMNYA Jadi Hal itu Akan Berlalu, Namun Untuk Saat Ini, Hal Tersebut Cukup Akut Dan Tidak Menyenangkan Dan Juga Cukup Lucu.

(30:54) Jeremy AU:

Shiyan, Apa Pendapat Anda? Apakah anda melihat adanya reaksi berlebihan di pasar? Shiyan, Apa reaksi Anda Terhadap Tema Dmitry Tentang reaksi Berlebihan, Outokasi, Dan Kebingungan?

(31:02) Shiyan Koh:

Saya Rasa Dalam Beberapa Hal, Ini Seperti Siklus 10 Tahun Pertama Kami, Bukan? Saya Pikir, Apakah Pada Tahun 2014 NRF Menyuntikkan Sejumlah Dana Awal Di Singapura? Maksud Saya, Dmitry Sedikit Lebih Awal Dengan Tahun 2011, Bukan? Tapi Menurut Saya, Masa Hidup Pendanaan Adalah 10 Tahun, Dan Jika Anda Berpikir Ada Banyak Orang Yang Muncul Di Atas Panggung Pada Tahun 2014, Kita Berada Dalam Siklus 10 Tahun Itu Sekarang. Jadi, seperti halnya orang-Orang yang hanya hidup di lingkungan suku bunga nol berpikir bahwa itu adalah keadaan alamiah dunia dunia dun kemudian terkejut ketika halang TenTang Apa Yang Sedang Terjadi. Jadi Saya Pikir Dalam Dekade Berikutnya, Ketika Orang-Orang Kembali Dan Menjalani Siklus Bisnis Berikutnya, Mudah-Mudahan Akan Ada reaksi Yang Tidak Terlalu Berlebihan. Lều Saja Anda Akan Memiliki Pemain-Pemain Baru Yang Akan Bereaksi Berlebihan Dalam Siklus Semacam Itu. Namun, Menurut Saya Ini Adalah Bagian Dari Pendewasaan Ekosistem, UNDUK BELAJAR KAPAN DAN KAPAN TIDAK PANIK. Jadi, Saya Pikir Ini Mungkin Adalah Titik Kelucuan Dmitry, Bukan? Jika Kita Semua Berhenti Dan Memikirkannya, Kita Akan Berkata, Oh Ya, Itu Tidak Masuk Akal. Kami Adalah Pemodal Ventura. Kami Benar-Benar Perlu Berinvestasi Pada Hal-Hal Yang Mengambil Risiko Dan Membutuhkan Waktu Untuk Berkembang. Tidak Masuk Akal Untuk Mengatakan, Hei, Kita Semua Harus Panik Sekarang, Tetapi Saya Pikir Ini Adalah Bagian Dari Proses Pertumbuhan Yang Alami.

(32:16) Dmitry Levit:

Saya Sangat Setuju, Selain Mengukur Sejarah Châu Á Tenggara Dari Masa-Masa Beberapa Dana Yang Diunggulkan Di Singapura. Saya Rasa Banyak Sekali Titik Kelahiran Yang Telah Terjadi Di Sana.

(32:24) Shiyan Koh:

Mana Yang Akan Anda Pilih?

(32:26) Dmitry Levit:

Mari Kita Bicara Tentang Igem, IMHF 2010.

(32:28) Jeremy AU:

Ketika Dmitry Mendirikan Cento, Itulah Titik Kelahirannya,

(32:31) Dmitry Levit:

Lều Saja, itu adalah sebelum cento dan sesudah cento. Lều. Uh, ya.

(32:36) Jeremy AU:

ABC, Ini Dia.

(32:38) Dmitry Levit:

Lều Saja. Tidak, Saya Menganggapnya Sebagai Tahun 2010 Karena, Pertama-Tama, Itu Adalah Tahun Pertama Ketika Orang-Orang Sudah Cukup Pulih Dari Tahun 2008

Kedua, Itu Adalah Gelombang Pertama Dari Orang-Orang Yang Keluar Dari Singapura Dan Masuk Ke Cina. Mereka Kembali Ke như Untuk Kembali Dan Memulai Sesuatu Karena Sampai Saat Itu, Singapura Tidak Memiliki Aktivitas Selain Dari Beberapa Orang Yang Sangat, Sangat Keras

Dan Ada Dinamika Ketiga, Yaitu Ada Perubahan di NRF Dan Pemerintah Singapura Mulai Memproduksi Block 71, Igem, Imatch, Ida, MDA, Dan Saya Tidak Mengalami Gangguan. Saya bersumpah bahwa semua itu adalah singkatan pada saat itu. Jadi Itu Adalah Lonjakan Pertama. Ditambah Lagi, Jangan Lupakan Kedatangan Roket Beberapa Tahun Kemudian. Dan Kemudian, Ya, Tentu Saja, Gelombang Konstitusional Pada Tahun 2014 Dan Kemudian Beberapa Nhà đầu tư Besar Dari Asia Utara Yang Menemukan Jakarta Di Peta Dan Berkata, Betapa Bagapa Bagusnya Nền tảng điện tử. Bagaimana Kalau Alih-Alih 10 Juta, Saya Beri Anda Seratus Dan Sisanya Adalah Sejarah.

Dan Itu, Omong-Omong, Manghasilkan Lonjakan Pembentukan Dana Baru Sekitar Tahun 2017, 18. Jadi, Orang-Orang Dengan Jumlah Modal Terbesar Yang Dikerahkan Secara Terhadap 600 Juta Populasi Yang Kuat Yang Entah Bagaiman Tumbuh Secara Luar Biasa Di Baja Yang Memiliki Kelas Menengah Di Dalamnya, Ngân hàng Menurut Dunia. Jadi, Orang-Orang Itu Hanya Akan Melihat Perhitungan Mereka Pada Tahun 2027. Sekarang Adalah Kegelisahan Pertama.

(34:04) Shiyan Koh:

Ya.

(34:04) Jeremy AU:

Jadi, Anda Tahu, Mulai Dari Sini, Melihat Ke Tahun 2024, Apa Saja Pemikirannya? Karena, Anda Tahu, Dmitry, Anda Akan Membuat Laporan Itu Setiap Setengah Tahun, Yang Selalu Saya Gunakan Cukup Sering, Seperti Tangkapan Layar, Mencantumkan Sumber, Dan Memasukkannya Ke Dalam Slide. Laporan Yang Sangat Bagus, Tapi Melihat Ke Depan Satu Tahun Ke Depan, Menurut Anda, Apa Kata Kunci Atau Tema Utama Yang Anda Pikirkan? Dan Saya Juga Menyukai Frasa Tadi Yang Menggunakan Kata VC Bóng chày nội bộ.

(34:29) Dmitry Levit:

Menurut Saya, Mungkin reaksi Yang Berlebihan Sudah Hampir Berakhir. Jika Kita Membicarakan Hal Ini Secara Terbuka di Podcast Publik, Itu Berarti Sudah Dipahami Dengan Baik. Jadi Dengan Sendirinya Orang-Orang Akan Mulai Bertanya Pada Diri Mereka Sendiri. Mengapa Saya Tidak Berinvestasi Ketika Saya Seharusnya Berinvestasi di Bagian Bawah? Menurut Saya, Kebingungan Sedang Terjadi Dengan Cepat, Saya Tidak Yakin Seberapa Cepat Hal Ini Akan Terselesaikan, Tapi Mari Kita Lihat Saja.

Akan Ada Banyak Cara Baru Untuk Memikirkan Berbagai Hal Dan Praktik TMT Di Goldman Akan Manghasilkan Cerita Baru Yang Harus Diinvestasikan Oleh Semua Orang Dan Semuanya Akan Kembali Ke Jalurnya. ITU Semua Bagus. Saya rasa hal besar berikutnya adalah isokasi, yang belum banyak dibicarakan karena vc bereaksi berlebihan dengan cepat, perusahaan bereaksi berlebihan dengan labat, tetapi mereka tetap berlebihan berlebihan. Jadi Akan ada Perubahan Strata, Penarikan Dari Pasar Sekunder, Pemisahan Anak Perusahaan Yang Tidak Perlu, Dan Oleh Karena Itu Akan Ada Perubahan Arah Valuasi Rendah, Dan Juga Banyak Peluang Untuk Mendapatkan Banyak Pisau Yang Jatuh Dan Sangat Menderita. Jadi, Menurut Saya, Itulah Tema Tahun 2024 Bagi Saya.

(35:28) Jeremy AU:

Bagaimana Dengan Anda, Shiyan?

(35:29) Dmitry Levit:

Menundukkan Benda Tajam Yang Jatuh.

(35:30) Jeremy AU:

Bagaimana Dengan Anda, Shiyan, Apa Tema Anda Untuk Tahun 2024?

(35:32) Shiyan Koh:

Saya, Saya Membosankan, Bukan? Saya hanya seperti, cơ bản, cơ bản, cơ bản. Anda Memulai Sebuah Perusahaan Untuk Manghasilkan Uang, Bukan Untuk Mengumpulkan Uang. Anda Tahu, Jadi Apa Yang Anda Lakukan UNTUK MENGHASILKAN UANG? Siapa Yang Membayar Anda Untuk Apa? Bisakah Anda Mendapatkannya Dengan Biaya Yang Efektif? Ya, saya rasa hal tersebut tidak perlu berubah dari tahun ke tahun, bukan? Seperti, Menurut Saya Fokuslah Pada Pelanggan, Fokuslah Pada Apa Yang Anda Berikan, Tapi Saya Adalah Nhà đầu tư Tahap Awal, Bukan? Jadi, Itulah Yang Sangat Saya Perhatikan.

(35:54) Jeremy AU:

Jika Saya Adalah Seorang Pendiri, Misalnya, Yang Mendengarkan Podcast Ini, Bagaimaana Saya Harus Berpikir Untuk Bermanuver Atau Mengambil Kesimpulan Dari Percakapan Ini?

(36:03) Shiyan Koh:

Saya Sering Mengatakan Kepada Para Pendiri, Apa Yang Akan Anda Lakukan Jika Nhà đầu tư Tidak Ada? Seperti, Jika Kita Berpura-Pura Bahwa Semua Orang Ini Tidak Ada, Apa Yang Akan Anda Lakukan? Apakah Bisnis Anda Benar-Benar Mustahil Tanpa Nhà đầu tư? Anda Harus Membuat Sebuah Roket. Oke, Anda Mungkin Tidak Bisa Melakukan Bootstrap Seperti Meluncurkan Roket. Itu seperti satu ketentori, tapi saya pikir unduk banyak hal di esia tenggara, bukan itu yang sebenarnya dibangun oleh orang-Orang. Jadi, Berapa Jumlah Modal tối thiểu Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Memvalidasi Hipotesis Anda Berikutnya Dan Apa Rencana Anda Untuk Mencapainya? Lalu Berapa Jumlah Modal Modal Tối thiểu Untuk Mencapai Hipotesis 2, Hipotesis 3, Dan Hipotesis 4? Pikirkan Berapa Banyak Modal Yang Dibutuhkan. Jangan Berpikir Tentang Apa Yang VC Inginkan. VC Menginginkan Hasil Yang Besar, Dan Sebagainya. Tapi Pikirkan Tentang Anda. Anda Adalah Biaya Peluang. Andalah Yang Hidup Dan Waktunya Dihabiskan Untuk Hal Ini. Bukan VC. VC Memiliki Portofolio 20, 30 Perusahaan Yang Mereka Tangani. Jadi Bagi Anda, Apakah Itu Sepadan? Apakah Anda Sudah Memvalidasi Cukup Banyak Hal Se Breathga Anda Harus Manghabiskan Hidup Dan Waktu Anda Untuk Hal Ini? Kemudian Jawablah Pertanyaan Tentang, Oke, Berapa Modal Yang Dibutuhkan Untuk Melakukannya? Dapatkah Saya Menemukannya? Dan Saya Rasa Jika Anda Telah Memutuskan Bahwa Hal Ini Sepadan Dengan Waktu Anda, Maka Akan Ada Pasarnya. Saya Pikir Anda Mungkin Bisa Menemukan Modal Untuk Melakukannya.

Apakah Akan Selalu Menjadi Modal Ventura? Mungkin, Mungkin Tidak. Mungkin Itu Adalah Uang Malaikat. Mungkin itu adalah hibah yang akan membantu anda memulai, tetapi saya merasa orang-Orang mengubah diri mereka sendiri ke dalam semua hal bisni yang nyata di sini? Saya rasa itulah pertanyaan yang harus dijawab oleh para pendiri unduk diri mereka sendiri.

(37:18) Jeremy AU:

Bagaimana Dengan Anda, Dmitry?

(37:18) Dmitry Levit:

Kerangka Kerja Shiyan Terlalu Memikat, Jadi Saya Akan Mematuhinya. Menurut Saya, Jika Anda Adalah Pendiri Yang Membangun Perusahaan Untuk Benar-Benar Manghasilkan Uang, Ada Beberapa Hal Kecil Yang Perlu Anda Khawatirkan, Tetapi Tidak Terlalu Banyak. Saya Akan Menjelaskannya Sebentar Lagi. Jika Anda Adalah Pendiri Yang Membangun Perusahaan Untuk Mengumpulkan Uang, Dan Jika Anda Telah Melakukan Itu Dalam Tiga Tahun Terakhir, Khawatirlah.

(37:34) Jeremy AU:

Ya.

(37:35) Dmitry Levit:

Untuk Kelompok Pertama, Ada Dua Hal Yang Mungkin Perlu Kita Perhatikan Dalam Lingkungan Saat Ini Berdasarkan Laporan Ini. Pertama, Anda Perlu Membatasi Jumlah Waktu Yang Anda Habiskan Untuk Mendengarkan Vc Anda. Mereka Mungkin Benar-Benar Berlarian Dengan Rambut Terbakar Karena Semua Kebingungan Dalam Industri Ini. Itu Akan Berlalu. Namun Untuk Saat Ini, Mereka Akan Thành viênKan Masukan Yang Aneh-Aneh Dan Mereka Akan Berbicara Tentang Segera Menjual Perusahaan. Cobalah Untuk Tidak Memasukkannya Ke Dalam Hati. Mereka Akan Menyelesaikannya. Yang Lebih Aktif Akan Dipecat Dan Semuanya Akan Baik-Baik Saja Lagi.

Dan Hal Kedua Adalah Jika Anda Bisa Tetap Berada Di Luar Pasar Saat Bagian Koreksi Yang Tajam Ini Terjadi. Ini mungkin akan berlangsung selama setengah tahun dan mungkin beberapa kuartal ke depan akan lebih baik jika anda berada di pasar, berhati-hatilah, tetapi itu adalah rekomendasi Jadi Shiyan, Kerangka Kerja Yang Bagus. Saya Akan Mengikuti.

(38:19) Jeremy AU:

Terima Kasih Banyak. Baiklah, Sampai Jumpa di Lain Waktu Dan Mungkin Saat Laporan Cento Berikutnya Keluar.

(38:23) Dmitry Levit:

Kalau Begitu, Saya Akan Meningkatkan Frekuensinya. Bersulang Banyak. Terima Kasih Banyak Telah Menerimaku.

(38:27) Shiyan Koh:

Terima Kasih, Dmitry.

Tautan Terkait:

https://www.cento.vc/wp-content/uploads/2023/12/cento_se-asia-tech-investment_2023_h1.pdf

Trước
Trước

Krisis Paruh Baya: Menavigasi Perubahan Dengan Anggun Melintasi Karier, Keluarga & Identitas Untuk Mencapai Aktualisasi Diri - 385

Kế tiếp
Kế tiếp

Sao Lonsdale: Perjalanan "Cá trong nước", Konsumen Gen Z Việt Nam & Pendiri LIXIBOX - E387